Lompat ke konten

Pahami dulu Tips Sebelum Memulai Usaha Catering

Usaha katering adalah usaha yang saat ini banyak sekali peminatnya. Banyak yang beranggapan bahwa memulai usaha katering adalah hal terbaik untuk menyalurkan bakat memasak menjadi uang dengan modal kecil dan pendapatan besar.

Alasan lain usaha katering banyak diminati dikarenakan usaha ini adalah usaha yang sudah pasti dibutuhkan oleh banyak orang. Karena, makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana memulai usaha katering yang sukses?

Kali ini, kami sudah merangkum 10 tips sukses bagi Anda yang ingin berwirausaha bisnis rumahan modal kecil yang satu ini.

Berikut ini tips yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya yang sudah lebih dulu memulai usaha katering sebelum Anda memikirkannya.

  1. Tentukan Jenis Katering yang Akan Anda Layani
    Ada 4 jenis katering yang dapat Anda mulai. Diantaranya harus Anda pikirkan terlebih dahulu manakah yang cocok dengan modal Anda.

Katering khusus kantoran
Jenis katering kantoran adalah menyiapkan makanan yang diperlukan untuk sebuah kantor. Biasanya, makanan disajikan dalam bentuk box dengan harga yang relatif murah namun tetap terlihat mewah. Katering kantoran hanya akan melayani sejumlah karyawan yang menjadi pelanggan Anda. Jenis yang satu ini cocok untuk Anda yang hidup di kawasan perkantoran.

Katering khusus acara besar
Punya modal besar dan ingin usaha katering Anda terkenal di berbagai daerah? Cobalah untuk memulai jenis usaha katering yang khusus menyediakan makanan untuk sebuah acara besar, seperti pernikahan, seminar, workshop, ataupun yang lainnya. Makanan katering khusus acara besar ini biasanya disajikan secara prasmanan yang jumlahnya tidak dihitung berdasarkan box.

Katering khusus anak sekolah
Jenis usaha katering yang satu ini mungkin biayanya tidak terlalu mahal. Namun, Anda harus memperhatikan bahwa dengan modal kecil ini, katering khusus anak sekolah tidak memiliki pendapatan yang cukup besar dibandingkan dengan jenis katering lainnya. Selain itu, katering khusus anak sekolah juga harus dipersiapkan dengan makanan yang memiliki gizi dan nutrisi yang baik.

Katering khusus rumahan
Perbedaan katering khusus rumahan dengan jenis katering lainnya adalah terletak pada jumlah dan penyajiannya, dimana katering khusus rumahan hanya menyediakan maksimal 150 nasi box yang disajikan khusus untuk acara seperti arisan.

  1. Carilah Pengalaman pada Bidang yang Sama
    Salah satu modal awal untuk membuka usaha katering adalah dengna cara mulai menjadi karyawan pada usaha katering yang sudah sejak awal berdiri terlebih dahulu. Dengan ini, Anda akan memahami bagaimana rantai konsumen berjalan, pengelolaan keuangan dilakukan dan tentang bagaimana melayani konsumen dengan baik.

Tanpa modal awal pengalaman memang bisa. Tapi, alangkah lebih mudahnya jika sebelum membuka usaha katering, Anda sudah memiliki pengalaman terlebih dahulu.

  1. Tentukan Nama Brand Usaha Katering Anda
    Nama brand usaha katering Anda memiliki peranan penting. Karena, nama inilah yang akan selalu diingat oleh konsumen. Sehingga, Anda perlu memperhatikan hal ini secara detail tentang kemudahan untuk diingat, unik, filosofi, dan nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.
  2. Carilah Supplier Murah dan Berkualitas
    Tantangan selanjutnya bagi Anda yang ingin memulai usaha katering adalah menemukan supplier bahan makanan yang memiliki harga miring atau lebih murah daripada di pasar umum. Tanpa supplier yang murah, pengelolaan keuangan usaha katering Anda akan lebih sulit. Karena, setiap hari Anda harus mendapatkan kebutuhan bahan makanan yang harganya sama dengan pasar sehingga tidak akan membuahkan pendapatan yang lebih besar.
  3. Persiapkan Modal Berupa Uang
    Semakin besar modal Anda, semakin besar keuntungan yang akan didapatkan

Itulah prinsip yang harus dipegang teguh oleh seluruh pelaku bisnis usaha katering. Karena, dengan modal yang lebih besar, Anda akan mendapatkan lebih banyak jumlah bahan makanan yang nantinya akan berimbas pada jumlah pesanan. Jika modal Anda tidak pernah bertambah, bagaimana mungkin konsumen Anda juga akan bertambah?

  1. Persiapkan Modal Berupa Mental dan Tenaga
    Seperti pada pelayanan jasa yang lainnya, memulai usaha katering harus memiliki mental yang kuat dan tenaga yang lebih besar. Ini akan berguna jika suatu waktu salah satu konsumen Anda memberikan feedback negatif / komplain tentang rasa makanan yang tidak enak.

Bermodal mental yang kuat, Anda tidak akan marah dan putus asa dengan usaha yang sudah Anda mulai dari awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *