Lompat ke konten

Catering Pernikahan Merambah Sebagai Pelaku UMKM

Saat ini Kota-kota besar telah tumbuh dengan sangat pesat ditandai oleh tiga hal. Pertama, jumlah pengangguran dan setengah menganggur yang besar dan semakin meningkat. Kedua, proporsi tenaga kerja yang bekerja pada sektor industri di kota hampir tidak dapat bertambah dan malahan mungkin berkurang. Ketiga, jumlah penduduk dan tingkat pertumbuhannya sudah begitu pesat sehingga pemerintah tidak mampu memberikan pelayanan kesehatan, perumahan, dan transportasi yang memadai. Ketiga hal tersebut menjadi ciri khas dari setiap kota yang mengalami pertumbuhan kegiatan ekonomi dengan cepat

UMKM menjadi andalan Indonesia pada saat mengalami krisis ekonomi tahun 1998. Meskipun dikelola dengan sangat sederhana, tetapi pada saat itu mampu memberikan peranan yang besar dalam penanganan krisis. UMKM menjadi tumpuan dan mampu menggerakkan roda perekonomian yang mengalami kemunduran, serta banyak menolong orang keluar dari situasi pengangguran. Karakteristik dari usaha ini adalah biasanya dikelola secara mandiri, dengan modal kecil, fleksibel, dan tahan banting. Kondisi ini yang ditengarai menjadi faktor penentu sehingga usaha ini tidak ikut bangkrut akibat adanya krisis. Pengelolaan usaha yang dilakukan secara sederhana tanpa menggunakan manajemen yang baik dan modal terbatas, usaha ini sering mengalami kesulitan untuk mengembangkan usahanya.

Pengembangan sektor UMKM di Surabaya dirasa sangat penting untuk dilakukan. Sebab, dilihat dari kondisi yang ada saat ini, sektor UMKM mampu memberikan lahan pekerjaan bagi tenaga kerja yang belum tertampung dalam dunia kerja. Selain itu, sektor UMKM juga mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemasukan PAD. Salah satu sektor nyata di bidang jasa yang mampu bertahan ditengah krisis adalah penyedia jasa catering. Menjamurnya jasa catering di Surabaya memiliki manfaat terhadap penyerapan tenaga kerja. Hal tersebut terbukti dengan adanya berbagai perekrutan karyawan yang tidak mematok keahlian khusus atau pendidikan tinggi seperti perusahaan lainnya.

Tingginya jumlah makanan yang dipesan oleh konsumen tentu membutuhkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia. Sehingga, banyaknya penyedia wedding catering Surabaya menjadi salah satu wadah dalam membantu pemerintah mengentaskan pengangguran hingga kemiskinan. Berbicara masalah kualitas sumber daya manusia yang ada pada bisnis catering tentu dibentuk dengan sengaja sesuai dengan kebutuhan jasa catering. Pelaku bisnis catering berusaha meningkatkan berbagai kualitas baik dari segi produk maupun dari segi pelayanan. Hal tersebut juga menyadari bahwa dalam melakukan penjualan kepada konsumen kualitas pelayanan menjadi salah satu fokus utama.

Keberhasilan dalam menjalani perannya sebagai UMKM juga menuntut pelaku jasa catering berusaha menciptakan reputasi yang baik. Semangat positif sebagai salah satu tempat berinovasi dan menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik mengharuskan banyak pihak mengacungi jempol para pelaku bisnis catering. Kelangsungan hidup bisnis juga membutuhkan dukungan pemerintah melalui ketetapan pajak yang jelas tanpa merugikan berbagai pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *